PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengacu pada tujuan program studi yaitu menjadi calon pendidik matematika sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, peneliti pemula bidang pendidikan matematika, dan edupreneur pendidikan matematika yang kompeten, berakhlak mulia, dan islami.

PROFIL LULUSANDESKRIPSI PROFIL LULUSAN
Calon pendidik matematika Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah AtasSarjana pendidikan matematika yang berakhlak mulia dan Islami dengan memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi, perangkat pembelajaran serta kreatif dan inovatif
Peneliti pemula bidang pendidikan matematikaSarjana pendidikan matematika yang berakhlak mulia dan Islam memiliki kemampuan dasar untuk melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran matematika sekolah, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran
Edupreneur pendidikan matematikaSarjana Pendidikan Matematika yang berakhlak mulia dan Islami mempunyai kemampuan manajerial untuk menjalankan usaha dalam bidang pendidikan matematika

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan Matematika FIP UMJ mencakup empat aspek yaitu: sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Capaian  pembelajaran lulusan  yang dirancang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan Standar Nasional Pendidikan Guru (SNPG).

Sikap (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya, terutama di bidang pendidikan matematika, secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai calon pendidik

Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi, dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Keterampilan Khusus (KK)

  1. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup
  2. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji
  3. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika
  4. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan hasilnya
  5. Mampu mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan matematika untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama yang berdaya saing global
  6. Mampu memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar matematika
  7. Mampu mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi
  8. Mampu melakukan pendalaman bidang kajian matematika sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman
  9. Mampu mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas
  10. Mampu mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan menengah pertama dan atas

Penguasaan Pengetahuan (PP)

  1. Menguasai konsep pedagogi-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran matematika inovatif di pendidikan menengah pertama dan atas yang berorientasi pada kecakapan hidup
  2. Menguasai konsep matematika yang meliputi logika matematika dan himpunan, aljabar, geometri, teori peluang dan statistika, matematika diskrit, pemodelan matematika, program linear, kalkulus, persamaan diferensial, metode numerik, dan analisis yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika inovatif yang berorientasi pada kecakapan hidup
  4. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran matematika
  5. Menguasai metode penelitian pendidikan untuk melaksanakan penelitian pendidikan matematika
  6. Menguasai nilai-nilai keislaman dalam pendidikan matematika untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama
  7. Menguasai Al-Islam Kemuhammadiyahan sebagai nilai – nilai dasar dalam kehidupan
  8. Menguasai metodologi dan konsep-konsep matematika yang terkait dengan nilai-nilai Keislaman
  9. Menguasai teori belajar dan pembelajaran
  10. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan
  11. Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian